Kamis, 24 Mei 2012 | | By: Ivan Nur Safrin

Alat Permainan Bola Voli

Lapangan permainan



Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah 9 meter x 18 meter.  Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm. Garis tengah yang membagi lapangan menjadi 2 bagian sama daerah tim. Garis serang yang sejajar dengan garis tengah yang bejarak 3 meter dari garis tengah. Daerah servis yaitu dareah di luar garis belakang sebelah kanan yang berukuran sepertiga  lebar lapangan. Umumnya setiap pemain kadang melakukan servis di sepanjang belakang garis belakang lebar lapangan.

Bola


Bola voli memiliki keliling lingkaran 65-67 cm, dengan berat 260-280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30-0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa). Bola voli indoor sekarang ini berwarna-warni karena agar para pemain bisa melihat perputaran bola dengan lebih jelas, apakah bola itu berputar (spin) atau tidak berputar, sehingga diharapkan pemain dapat mengantisipasi bola yang datang dan permainan tidak mudah "mati". Penonton akan lebih suka ketika bola itu bisa dimainkan lebih lama dengan aksi-aksi menyerang dan bertahan yang cukup baik.

Net


Net dibentangkan melintang membagi lapangan menjadi 2 sama luas. Panjang net : 10 m, Lebar net : 1 m, Tinggi net putra : 2,43 m, Tinggi net puti : 2,24 m, Kotak-kotak net : 10 cm.

Rod/Antena



Rod/antena terbuat dari bahan fiberglass. Ukuran panjang : 180 cm, Diameter :  1 cm. Warna : selang –seling (merah –putih atau hitam –putih) setiap 10 cm. Antena dipasang tepat pada pita batas samping kanan dan samping kiri lapangan, 100 cm menempel pada net dan yang menonjol di atas net sepanjang 80 cm.
Pemain


·  Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain cadangan.
·  Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
·  Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang.
·  Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.

0 komentar:

Posting Komentar