Jumat, 06 April 2012 | | By: Ivan Nur Safrin

Servis Dan Menerima Servis



A.      Servis
Tim kita sedang berjuang keras dalam rally panjang pada set kelima yang menentukan dari suatu pertandingan yang berlangsung ketat. Akhirnya setelah melalui peramainan yang indah, spiker kita mengakhiri rally dengan spike keras dam mematikan. Match point untuk tim kita. 25-24.  Servis pun dilakukan dan ternyata keluar lapangan. Kesempatan untuk memenangkan pertandingan pun sirna karena servis yang jelek.
Servis adalah satu-satunya teknik yang digunakan untuk memulai pertandingan. Sangat penting bagi kita  dalm melakukan servis dengan konsisten, yaitu paling tidak 90% dari servis harus melewati net dan masuk ke daerah lawan. Servis adalah satu-satunya teknik dalam bola voli dimana kita mengontrol sepenuhnya tindakan kita dan hanya kita sendiri yang bertanggung jawab. Kesalahan servis biasanya terjadi secara tidak sengaja dan lebih dikarenakan faktor mental daripada faktor fisik.
Servis pada jaman sekarang bukan lagi sebagai awal dari suatu permainan atau sekedar menyajikan bola, tetapi sebagai suatu serangan pertama bagi regu yang melakukan servis.
 Servis terdiri dari :
1.    Servis underhand/tangan bawah adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola, dan tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
· Mula-mula pemain berdiri dipetak servis dengan kaki kiri lebih kedepan dari kaki kanan,bola dipegang dengan tangan kiri.
· Bola dilambungkan tidak terlalu tinggi,tangan kanan ditarik ke bawah belakang.
· Setelah bola kira-kira setinggi pinggang,lengan kanan diayunkan lurus kedepan untuk memukul bola.
· Telapak tangan menghadap bola dan tangan ditegangkan untuk mendapat pantulan yang sempurna,tangan dapat pula menggenggam.


Bila kita telah dapat menguasai servis underhand, maka kita harus mempelajari servis lain yang lebih efektif.
2.    Servis overhand/tangan atas adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya dan bola di pukul dengan ayunan tangan di atas kepala. Servis tangan atas dibedakan lagi atas tennis servis, floating, cekis dan jump serve.

a)      Tennis Servis Top Spin yaitu servis atas dengan gerakan bola yang keras betenaga menimbulkan putaran ke arah depan dan akan segera jatuh dengan cepat ke daerah lawan.
1.    Sikap persiapan dimulai dengan mengambil posisi kaki kiri lebih kedepan, kedua lutut agak rendah
2.    Tangan kiri dan kanan bersama-sama memegang bola,tangan kiri menyangga bola,tangan kanan di atas bola.
3.    Bola dilambungkan dengan tangan kiri kira-kira 1/2 meter di atas kepala
4.    Tangan kanan ditarik kebelakang atas kepala,menghadap depan
5.    Lakukan gerakan seperti mensmesh bola, pukul dengan tumit telapak tangan yang terbuka, lalu gulung pergelangan tangan dengan penuh tenaga. Perhatian terpusat pada bola
6.    Lecutan tangan diperlukan pada saat perkenaan bola.
b)  Floating Servis yaitu service atas dengan bola bergerak mengambang ke kiri-ke kanan dan ke atas-ke bawah dan bola tidak bertenaga pada saat melewati net.
1.        Posisi kaki sama seperti tennis servis.
2.        Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan disamping setinggi pelipis
3.        Dengan tangan kiri bola dilambungkan sedikit kesamping kanan tidak terlalu tinggi
4.        Setelah bola melambung keatas setinggi kepala, tangan kanan dipukulkan pada bagian tengah bola.
5.        Pukulan float dapat dilakukan dengan beberapa cara:
1.        Dengan tumit tangan
2.        Dengan tangan, dimana ibu jari dilipat kedalam dan menempel pada telapak tangan
3.        Memukul dengan tangan tergenggam.



c)    Cekis / Mengambang Melingkar yaitu servis atas dengan posisi menyamping yang mendayagunakan kesatuan otot-otot yang lebih besar pada tubuh, sehngga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Bola hasil servis akan mengambang dan bergerak seperti pisang.

1.    Sikap permulaan dengan mengambil sikap berdiri menyamping dengan tubuh bagian kiri lebih dekat kejaring.
2.    Bola dipegang tangan kiri dan kanan.
3.    Saat bola dilambungkan, badan diliukkan sedikit kebelakang dan lutut ditekuk
4.    Kedua tangan dijulurkan kearah samping bawah kanan dalam keadaan memegang bola.
5.    Bola dilambung keatas kepala dengan kedua belah tangan.
6.    Setelah bola lepas, tangan kanan ditarik kesamping kanan bawah, liukkan badan kekanan.
7.    Berat badan ada dikaki kanan,telapak tangan menghadap keatas
8.    Setelah bola ada pada jangkauan tangan,secepatnya bersama sama lengan,liukkan badan kesamping kiri
9.    Perkenaan bola bagian bawah belakang bola, pukulan bola dibantu liukkan badan dan lecutan tangan.
d)          Jump Serve yaitu servis yang dilakukan seperti melakukan lompatan spike dengan pukulan top spin. Servis ini sangat rumit dilakukan karena terkadang para pemain melakukan dengan  keberhasilan yang rendah. Kadang menyangkut di net, kadang pula keluar lapangan.

1.    Persiapan dengan posisi berdiri dan tangan kanan memegang bola.

2.    Bola dilambungkan dengan tangan kanan kira-kira 3 meter atau seperlunya di atas kepala, posisi tubuh siap melompat.
3.    Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.


4.    Bola di pukul seperti gerakan pada servis top spin dengan penuh tenaga.

                            
                Angel Dennis Jump Serve (Modena vs Trentino)  

B.       Menerima Servis
Sampai saati ini, kita telah mempelajari bagaimana pola pergerakan dalam bola voli dan teknik operan lengan depan. Serta teknik servis. Sekarang kita siapkan diri untuk menggabungkan teknik-teknik tersebut sebagaimana dalam suatu pertandingan.
Setelah tahap melakukan servis, menerima servis adalah titik awal dari kita untuk memperoleh angka. Penerimaan servis yang baik memebuat tim kita dapat memulai serangan dengan sempurna. Untuk dapat menerima servis dengan baik, kita harus dapat mengantisipasi arah datangnya bola, dan memutuskan apakah kita yang akan menerima servis tersebut. Semakin cepat kita memutuskan, semakin banyak waktu yang tersedia bagi kita untuk berada pada posisi yang tepat.
Biasanya, suatu servis akan datang ke arah kita dengan kekeuatan yang cukup besar. Walaupun tidak ada aturan yang mengharuskan untuk menerima servis dengan operan lengan depan, para ofisial bola voli cenderung menganggapnya sebagai metode yang tepat menerima servis. Cara terbaik untuk memperkirakan arah datangnya bola adalah  dengan memusatkan perhatian pada tubuh pemain yang melakukan servis. Konsentrasi pada bola, perhatikan sudut bahu, kemana kaki depan mengarah, dan arah lengan yang akan pemukul bola. Semakin cepat anda menerka arah servis, semakin besar kemungkinan bagi kita menerima bola dengan baik.
Kita dapat menguasai suluruh daerah kita sendirian dan menerima semua servis dengan baik bila kita memperhatikan petunjuk yang terlihat dari gerakan tubuh pelaku servis. Kesuksesan kita bergantung pada kemampuan dalam membaca sevis lawan dengan cepat, bergerak ke posisi, dan bersiap untuk menerima. Biasanya hanya seorang pemain handal seperti Libero yang dapat menguasai penerimaan servis. Pernah tercatat seorang pemain berasal dari Brazil ,Libero pertama yang pernah meraih gelar MVP pada suatu ajang kompetisi bola voli dunia.


                                            Sergio Dutra Santos, Brazilian Volleyball Player


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sangat membantu

Posting Komentar